Jumat, 10 Juli 2009

UPACARA RITUAL RUWATAN ANAKA PADA MASYARAKAT DESA SILIR KABUPATEN KEDIRI



Jawa merupakan suku yang mempunyai adat, bahasa, dan kebiasaan serta kebudayaan yang unik. Salah satu adat atau kebiasaan yang unik yaitu adanya upacara-upacara ritual yang digelar karena tujuan-tujuan tertentu. Seperti upacara ritual ruwatan. Upacara ritual ruwatan ini ditujukan untuk membuang kesialan hidup orang-orang yang sedang dalam sukerta (susah).
Meskipun upacara ritual ini dianggap kuno bahkan sangat kuno. Ternyata masih ada orang yang mempercayainya dan mau melestarikannya dengan cara menggelarnya. Seperti upacara ritual yang digelar di salah satu rumah tetangga kami yang ditujukan untuk menyelamatkan putri tunggalnya dari sukerta atau bahaya yang akan melandanya. Upacara ritual ini dilaksanakan sebelum acara pernikahan. Sebab pernikahan dianggap suatu yang sakral. Selain itu, orang jawa mengira kalau kehidupan yang sesungguhnya adalah kehidupan nyata atau kehidupan setelah ia terpisah dari orang tuanya. Di mana anak yang diruwat sudah tidak dalam perlindungan orang tuanya.
Upacara ritual ruwatan ini di adakan dengan hal atau syarat yang unik. Syarat yang tidak bisa terlupakan, seperti sesajen. Sesajen yang disiapkan dalam upacara ritual ruwatan ini berjumlah 60 jenis. Yang dalam tiap-tiap sesajen mengandung makna-makna (simbol) khusus. Dari berbagi jenis sesajen, ada dua jenis sesajen yang sangat menonjol atau unik yaitu adanya tumpeng lanang dan tumpeng wadon. Di mana tumpeng lanang dari buah-buahan dan tumpeng wadon dari nasi dan sayuran.
5.1.1 Pengertian upacara ritual ruwatan
Upacara ritual ruwatan ini adalah suatu proses membersihkan energi-energi negative yang bertujuan untuk membantu seseorang terlepas dari berbagai persoalan dan kesulitan hidup, sehingga akan sukses dan sehat, nsaha maju dan berkembang, karier meningkat, dapat pekerjaan bagus, menghilangkan sial, apes, dan sengkolo, hidup tenang dan percaya diri, dibukakan pintu rezeki dari berbagai penjuru. Dari penjelasan di atas dapat disikat bahwa upacara ritual ruwatan adalah upacara yang digunakan untuk menghindarkan diri dari sukerta (kesusahan).
Sedangkan yang melatar belakangi upacara ritual ruwatan diawali dengan lahirnya Sang Bathara Kala.

1 komentar:

alfredo farros on 14 September 2009 pukul 03.51 mengatakan...

allow bro.....situ rumahnya mana.....silir wates ya maksudnya......

Posting Komentar

 

KEDIRI ONLINE Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template