Jumat, 10 Juli 2009

KUNJUNGANKU DI FESTIVAL SENI KALI BRANTAS




Sang Mentari tepat berada ditengah-tengah. Sinarnya yang terik menerobos dedaunan pohon-pohon rindang yang bergoyang. Angin sepoi-sepoi berhembus terasa hangat dikulitku.
Siang itu Rabu, 10 Juni 2009, Saya dari MAN 3 Kediri bertolak menuju Gedung Nasional Indonesia (GNI) untuk menghadiri pertunjukan potensi budaya Kediri. Yang pada waktu adalah pameran seni lukis. Pameran seni lukis ini merupakan salah satu serangkaian pertunjukan dari ”Festival Seni Kali Brantas Kediri 2009”. Dalam menghadiri Festival Seni Kali Brantas ini saya tidak sendiri. Saya bersama teman-teman saya, Aisyah Ami Wardhani, Hanif Ramadhani dan kakak kelas saya yaitu, Binti Nikmatul Afdila, Norma Riskiana dan Nuris Kuni.
Tepat pukul 13.30, ketika saya sampai di Gedung Nasional Indonesia Kota Kediri, saya terpesona dengan suguhan festifal seni, yang antara lain meliputi tarian, musik, makanan lokal, seni rupa, pertunjukan jaranan, macapat, wayang kulit, wayang potehi, jemblung, liang-liong, jedor, seni lukis, tahu pong, teater dan lainnya. Namun ketika saya berkunjung waktu itu adalah pameran seni lukis.
Ketika saya memasuki Gedung Nasional Indonesia ini suguhan berbagai macam dan bentuk lukisan ada dihadapan saya. Saya melihat-lihat dan kuamati satu persatu betapa indahnya lukisan itu. Dan tak lupa saya potret lukisan itu hingga acara seminar dimulai saya masih asyik memotret lukisan.
Acara seminar budaya ini di buka oleh Bapak Achmad Zainal Fachris,S.Pd. salah satu anngota Dewan Kesenian Kota Kediri, sekaligus sebagai moderator dalam seminar ini. Sedangkan sebagai pemateri adalah Dr. Gatut Lestari. Acara ini diadakan oleh Dewan Kesenian Kota Kediri. Dalam seminar atau lebih tepatnya disebut serasehan ini dihadiri oleh para pelajar SMA, MA, dan Mahasiswa di Kota Kediri.
Dalam penyajian materi Dr. Gatut Lestari menyampaikan bahwa Festival Seni Kali Brantas sungguh luar biasa, mirip dengan Mardi Grass, sebuah pesta seni rakyat yang tiap tahun diadakan di Louisiana di pinggiran Sungai Missisipi. Beliau mengatakan kemiripan antara Festival Seni Kali Brantas dan Missisipi terletak pada tataran yang bersumber pada kultur pertanian. Sehingga nuansanya kental dengan keterikatan terhadap air serta tanah sebagai lambang kesuburan.
Bagaimana dengan Festival Seni Kali Brantas di Kediri? Festival Seni Kali Brantas adalah perayaan warga Kediri, merefleksikan posisi dan peran setiap atau sekumpulan warga untuk secara kritis mempunyai hak dan potensi sebagai pencipta kebudayaan, kesadaran kebanggaan akan identitas budayanya yang ditunjukkan dengan pameran seni lukis, musik tradisional, jaranan, jemblung, wayang kulit, wayang potehi, seni tari, teater, dan lain sebagainya.
Akhirnya sekitar pukul 16.30 saya bertolak menuju kampus MAN 3 Kediri. Kami pun merasakan senang dengan berkunjung di Festival Seni Kali Brantas Tahun 2009 ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

KEDIRI ONLINE Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template