Jumat, 10 Juli 2009

PERAN PERPUSTAKAAN UMUM KOTA KEDIRI DALAM RANGKA MENGEMBANGKAN BUDAYA BACA BAGI MASYARAKAT




Membaca adalah kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat. Bahkan sebagian masih menganggap membaca itu adalah swuatu kegiatan yang tidak dapat ditinggalkn dikehidupan sehari-hari mereka. Karena tidak sedikit orang di dunia ini yang melakukan kegiatan membaca, entah iu membaca buku pengetahuan, koran, majalah, novel, komik atau yang lainnya.membaca dapat menambah wawasan dan informasi secara luas. Seperti kata pepatah ”membaca merupakan jendela ilmu pengetahuan”. Membaca dapat dilakukan dimana saja, bukan hanya di kelas atau di rumah. Sekarang ini orang membaca dapat kita jumpai di tempat-tempat umum seperti di pinggir-pinggir jalan. Membaca memang dapat dilakukan di mana saja tempatnya, namun lebih tepat lagi membaca itu kita lakukan ditempat-tempat yang sewajarnya seperti di perpustakaan.
Walaupun begitu, masih disayangkan karena perpustakaan-perpustakaan di Indonesia masih sepi pengunjung, disebabkan budaya membaca pada masyrakat di Indonesia masih minim sekali. Sampai-sampai di Indonesia dibentuk ”Duta Membaca” bagi masyarakat Indonesia dan ini sangatlah memprihatinkan untuk negara Indonesia.
Akan tetapi sekarang ini oleh pemerintah sudah banyak dibangun wahana baca guna untuk memgembangkan budaya baca bagi masyarakat agar tercipta rasa persatuan dan kesatuan pada Bangsa Indonesia. Seperti didirikannya perpustakaan.
Perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan budaya baca bagi masyarakat, karena di perpustakaan banyak informasi yang bisa kita dapatkan. Sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita, melalui koleksi buku-buku pengetahuan yang terdapat di perpustakaan tersebut. Perpustakaan tidak hanya terdapat di sekolah atau di universitas-universitas saja, tetapi pemerintah daerah sudah mengupayakan adanya perpustakaan-perpustakaan umum.
Perpustakaan umum yang ada di Indonesia sudah banyak. Salah satunya yang ada di Kediri yaitu Perpustakaan Umum Kota Kediri. Oleh karena itu salah satu tujuan didirikannya Perpustakaan Umum Kota Kediri adalah untuk mengembangkan budaya baca bagi masyarakat, karena membaca adalah suatu kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan. Tanpa membaca hidup kita terasa hampa dan kurang mengerti informasi juga wawasan yang sempit.
Upaya yang dilakukan Perpustakaan Umum Kota Kediri dalam rangka mengembangkan budaya baca bagi masyarakat yaitu dengan menyediakan berbagai fasilitas dan jenis-jenis koleksi. Diantaranya yaitu koleksi khusus, koleksi referensi, terbitan berkala, koleksi umum, koleksi nonbuku, koleksi anak dan remaja. Perpustakaan umum Kota Kediri juga menyediakan pemandu untuk menuntun dan memotivasi para pengunjung. Sehingga diharapkan agar minat baca masyarakat meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

KEDIRI ONLINE Copyright © 2008 Black Brown Art Template by Ipiet's Blogger Template